Did you find this article interesting? Share

Rencana Baru untuk Pensiunan

Memasuki masa pensiun, pasti banyak hal tidak terduga yang harus Anda pikirkan. Dari mulai Tabungan, Asuransi, sampai ke masalah Warisan.

Gendutkan Tabungan Pensiun

Kalau Anda punya rumah, pertimbangkan untuk menjualnya dan membeli rumah yang lebih kecil, lalu masukkan sisa hasil penjualan itu ke tabungan pensiun.

Sesuaikan Kover Asuransi

Anda bisa menyesuaikan Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan anda di Usia itu. Kurangi jumlahnya andaikan semua utang sudah lunas. Talau jika anda masih memiliki utang, jangan lepaskan asuransi itu begitu saja. Pembayaran lump sum dari kovernya akan sangat berguna untuk membayar beragam tagihan dan biaya pengobatan. Asuransi yang harus anda pertahankan andalah Asuransi kesehatan, bahkan sangat berguna jika preminya ditingkatkan demi perlindungan maksimal.

Dari Agresif ke Defensif

Memasuki usia 80-an, jangan berhenti menyesuaikan proyeksi pendapatan dan alokasi aset. Portfolio Anda, yang tadinya cenderung berani mengambil risiko, kini saatnya berubah jadi kian konservatif. Beralih dari strategi investasi pertumbuhan ke strategi yang lebih defensif. Artinya, tahan hasrat bermain saham dan properti, perbanyak aset-aset berbunga tetap dan yang memberikan pendapatan rutin.

Kelola Aset Pensiun, Lump Sum atau Anuitas?

Lump sum boleh jadi lebih menggoda, mengingat Anda menerima sejumlah besar uang. Tapi ingat, pembayaran itu hanya satu kali. Kalau Anda tidak mengelola uang itu lewat investasi, dan malah membelanjakannya untuk konsumsi, gawat!

Anuitas jelas lebih aman. Anda menerima pendapatan rutin dalam jumlah tertentu tiap tahun hingga akhir hayat. Tapi alternatif ini pun menyimpan minus, apalagi kalau Anda ternyata masih terbelit utang.

Rencanakan Warisan

Sekali lagi, jangan abaikan perencanaan warisan. Terus lakukan penyesuaian kalau Anda sudah membuatnya. Mungkin saja ada sejumlah faktor yang lebih relevan hari ini ketimbang di masa lalu. Apakah anda ingin mewariskan perusahaan, aset, atau mendonasikan kekayaan?

Ada sejumlah pilihan yang bisa Anda putuskan untuk melindungi kekayaan, dan mencegah pertikaian di tengah keluarga kelak akibat, Anda harus merencanakan warisan Anda. Tanpa rencana warisan yang jelas, segala yang Anda perjuangkan selama hidup bisa terbuang sia-sia lho.

Komentari Tulisan